Java menerapkan dua proses untuk pembentukan dan eksekusi program, bahwa Java berperan sebagai compiler dan interpreter.

  • Kode program ditulis dengan bahasa Java (dengan ekstensi .java) akan dikompilasi (oleh kompiler) menjadi suatu kode objek.
  • Dalam Java, kode objek ini disebut dengan bytecode (dengan ekstensi .class) dan bukan file .exe
  • Selanjutnya bytecode akan dieksekusi baris demi baris oleh interpreter. Sehingga proses kompilasi hanya dilakukan sekali akan tetapi proses interpret akan dilakukan ketika setiap program akan dieksekusi.



Bytecode dapat dianggap sebagai kumpulan perintah dalam bahasa mesin untuk sebuah JVM (Java Virtual Machine). Setiap interpreter java, baik berupa development tol maupun sebuah web browser merupakan implementasi dari JVM. Sehingga program java yang dibuat dengan java tidak mungkit dapat dijalankan dalam komputer yang tidak memiliki JVM.
Dengan adanya konsep bytecode ini maka Java dikenal dengan istilah "write once, run anywhere" artinya sekali kita menulis kode program Java dan melakukan kompilasi terhadapnya maka bytecode-nya dapat dijalankan pada platform mana saja (Windows, Linux, MacOS) asalkan memiliki JVM.

0 comments:

Posting Komentar

 
Top